BRENTI JO BAGATE


Stop MIRAS!!!

MIRAS itu bukanlah “Minuman Rasa Stroberri”, tetapi “Minuman Keras” yang disingkat menjadi MIRAS. Apa sebenarnya itu MIRAS?? Miras atau Minuman Keras ialah semua/segala jenis minuman yang dapat memabukkan dan membuat kesadaran yang meminumnya hilang. Sangat banyak jenis-jenis minuman keras yang dijual dimana-mana dan tidak sulitpun untuk mendapatkannya.

Kebanyakan dari anak-anak jaman sekarang mulai dari SD sudah ingin tahu tentang apa itu minuman beralkohol/minuman keras, ada yang cuma ingin tahu ada juga yang ingin mencobanya. Tetapi, buat siapapun yang belum pernah mencobanya disarankan untuk dipertimbangkan setelah membaca artikel ini!!!! Dilihat dari banyak segi Minuman Keras itu sangat merugikan bagi orang-orang yang mengkonsumsinya, dikarenakan Minuman Keras itu dapat membuat kesadaran seseorang itu hilang dan dapat berdampak buruk bagi orang-orang disekitarnya yang tidak ikut mengkonsumsi Minuman Keras.
  • Efek dan Bahaya Mengonsumsi MIRAS!!! 
    Jika Minuman Keras dikonsumsi secara berlebihan bakal menimbulkan efek yang merugikan antara lain
:
 
1.      Penurunan IQ
2.      Gangguan Perkembangan Saraf
3.      Penurunan Performa Akademik
4.      Kejang-kejang
5.      Dapat Merusak Memory dalam Otak
6.      Dapat Merusak Fungsi sel-sel otak
7.      Kerusakan Hati, jantung, pancreas, lambung dan otot
 

Inilah Gambar dari Seorang Peminum Minuman Keras. Banyak Efek yang bisa membahayakan tubuh kita  jika kita terus menerus mengonsusmsi MIRAS!!! STOP MIRAS!!! Mengonsumsi Minuman Keras juga dapat membuat orang tersebut ketergantungan sehingga ingin mengonsumsi MIRAS lagi dan lagi sehingga bias membahayakan diri dan orang lain.


Minuman keras di Sulawesi Utara yang paling dikenal yaitu Cap Tikus atau biasa disebut SOPI, minuman ini sekarang masih banyak dapat kita temui. Kebiasaan masyarakat Sulawesi Utara yang pada saat hari-hari tertentu, pesta, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang selalu ditempat seperti itu ada banyak sekumpulan orang dewasa  yang minum-minuman keras. Sehingga sampai anak muda dan remajapun  sekarang sudah biasa melakukan hal itu.

Sehubungan dengan hal itu, agar generasi-generasi berikutnya tidak mencontoh hal itu, Ini menjadi tanggung jawab bersama yang harus segera ditindaklanjuti sebelum segalanya terjadi. Pemerintah Daerah, Polisi Sektor, masyarakat dan tokoh agama, dan peran serta keluarga sangat di butuhkan.

                Banyak sebab juga yang membuat orang menjadi Peminum Minuman Keras pendorong utamanya adalah diri sendiri yaitu rasa ingin tahu, hanya ingin bersenang-senang, mengikuti tren, agar bias diterima dilingkungan atau kelompok, lari dari masalah ataupun sebagai penghilang stress. Tetapi hal yang dilakukan dengan memilih Minuman Keras adalah jalan yang salah, karena bisa menimbulakn ketagihan dan efek dari MIRASpun berbahaya!!! Nahh,, untuk dapat terhindar dari MIRAS yang pertama adalah Mampu MENGONTROL diri..!! agar tidak mudah terbawa keadaan, situasi dan kondisi. Apa pun faktor yang mendorong mereka mengkonsumsi minuman keras, kita harus bisa mencegahnya. Mencegah akan lebih mudah dari pada merehabilitasinya. Sebab kalau sedikit saja kita terlena maka akan menuai dampak negatif yang lebih besar. Dapak negatif minuman keras sangat komplek jika kita meninjau dari berbagai segi.

Peranan orang tua dan masyarakat juga tak kalah pentingnya dengan peran kepolisian karena keluarga adalah lingkungan yang paling terdekat dengan kita, banyak hal yang dapat dilakukan agar anggota keluarga kita tidak menjadi Peminum Minuman Keras yaitu lebih banyak meluangkan waktu dengan keluarga, sharing mengenai masalah-masalah yang dihadapi, melakukan kegiatan-kegiatan positif bersama-sama dan masih banyak lagi.
Sebagai anggota masyarakat dalam lingkungan sosial lainya, bila mengetahui seorang anak minum-minuman keras, sebaiknya tidak mengejek, memojokkan, membuang muka, mencibirkan bersikap sinis, apalagi memukul dan menganiaya. Carilah waktu yang tepat untuk bersama-sama tetangga yang prihatin tentang masalah ini, ditemani dengan ketua lingkungan bertandang ke rumah menemui orang tuanya dan memberi tahu secara hati-hati dan bijaksana dan tidak menuduh atau bersikap sinis. Ada kemungkinan orang tuanya sudah mengetahuinya. Bila demikian, katakanlah bahwa warga akan membantu mengatasinya.

Sebagai penutup saya himbau bagi semua orang yang membaca artikel ini, agar dapat menjauhi MIRAS dikarenakan banyak efek dan bahaya yang akan ditimbulkan dari mengonsumsi MIRAS!!!

                       BRENTI JO ITU JA BAGATE!!!!! BAHAYA!!!!
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

2 comments:

  1. Hmm, mudah-mudahan ini nda cuma jadi slogan di Manado/Minahasa tapi benar-benar dilaksanakan :)

    ReplyDelete