SISTEM OPERASI

Terminologi Sistem Operasi

  • Sejarah Sistem Operasi


Sejarah sistem operasi adalah salah satu tahun eksperimen.Sistem operasi tidak hadir dalam bentuk komersial pertama komputer elektronik yang diluncurkan pada 1940-an. Deretan switch mekanis yang digunakan untuk memasukkan program. Pada waktu itu bahasa pemrograman yang tidak digunakan. Tentuhampir tidak ada ide tentang sistem operasi.

Generasi berikutnya dari komputer diperkenalkan pada fase awal tahun 1950. Versi paling awal dari sistem operasi yang digunakan oleh General Motors Research Laboratories. IBM 701 adalah sistem operasi pertama yang dilengkapi arsitektur komputer. Hal itu merupakan pertanda utama dalam sejarah sistem operasi. Jenis sistem komputer dikenal sebagai sistem batch pengolahan.

Sistem batch processing terus mendominasi dekade berikutnya dari komputer juga. Namun, operasi perifer simultan on line (spooling) adalah teknik tambah yang digunakan dalam 1960-an.Teknik baru ini berusaha untuk membuat operasi pemrogramanlebih cepat dari sebelumnya.




Generasi keempat dari komputer berhasil menggunakan sistem operasi kontemporer. Dengan chip, sirkuit integrasi skala besardan sistem operasi, era komputer pribadi mengawali perjalanannya pada tahun 1970-an. MS-DOS, Intel 8088 CPU dan UNIX adalah sistem operasi yang terutama mendominasi bidang komputer pribadi.
Sebagai kesimpulan dapat dikatakan bahwa bentuk sekarang dari sistem operasi adalah hasil dari evolusi bertahap dari sistem komputer selama bertahun-tahun.

 
  • Pengertian Sistem Operasi 
Sistem operasi merupakan software yang menjalankan sebuah perangkat keras. Itu merupakan definisi singkat mengenai arti dari sistem operasi.
Berikut ini aalah pengertian dan definisi sistem operasi:
# FERY INDAYUDHA
Sistem operasi adalah sebuah sistem yang diperlukan untuk dapat menjaankan semua palikasi program/software yang ada di komputer
# MCLEOD (PEARSON)
Sistem operasi adalah program-program komputer yang mengendalikan sumber daya piranti keras dan piranti lunak komputer kita
# SUNARTO
Sistem operasi adalah software yang langsung berkomunikasi dengan hardware komputer kita
# ALI ZAKI (SMITDEV)
Sistem operasi adalah software yang mengoperasikan atau menjalankan komputer
# WAHANA KOMPUTER
Sistem operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan
# HAER TALIB
Sistem operasi adalah program utama yang langsung berinteraksi dengan bahasa yang dikenal oleh mesin komputer (bahasa mesin)
  • Jenis-Jenis Sistem Operasi dan Sejarah Singkatnya
1. Windows 



Dimulai dari DosShell for
DOS 6 buatan Microsoft dan inginnya Microsoft bersaing terhadap larisnya penjualan Apple Macintosh yang menggunakan GUI, Microsoft menciptakan Windows 1.0. Nama ini berasal dari kelatahan karyawan Microsoft yang menyebut nama aplikasi tersebut sebagai Program Windows (Jendela Program). Windows versi 2 adalah versi Windows pertama yang bisa diinstal program. Satu-satunya program yang bisa ditambahkan adalah Microsoft Word versi 1. Windows versi 3 menjanjikan aplikasi tambahan yang lebih banyak, kelengkapan penggunaan, kecantikan user interface atau antarmuka dan mudahnya konfigurasi. Windows versi 3.1 adalah versi Windows yang bisa mengoptimalisasi penggunaannya pada prosesor 32-bit Intel 80386 ke atas. Windows versi 3.11 adalah versi Windows terakhir sebelum era Start Menu. Windows 3.11 pun adalah versi Windows pertama yang mendukung networking/jaringan. Versi Hibrida dapat dijalankan tanpa MS-DOS. Versi Hibrida tersebut menginstalasi dirinya sendiri dengan DOS 7. Tidak seperti Windows versi 16-bit yang merupakan shell yang harus diinstalasi melalui DOS terlebih dahulu. Aplikasinya pun berbeda. Meskipun Windows 9X dapat menjalankan aplikasi Windows 16-bit, namun Windows 9X memiliki grade aplikasi sendiri - X86-32, Windows 9X sangat terkenal dengan BSOD (Blue Screen of Death).   
 

2. Macintosh
Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.
Macintosh operating system atau sistem operasi macintosh adalah sistem operasi yang di gunakan untuk mengoperasikan komputer notebook apple macintosh. Mac OS merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan Graphical User Interface – GUI. Orang-orang penting pada Macintosh yaitu Bill Atkinson, Jef Raskin dan Andy Hertzfeld. Komputer ini dinamakan berdasarkan McIntosh, jenis apel yang disukai Jef Raskin. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.
Ada berbagai macam pandangan bagaimana awal mula Machintos di ciptakan.
Apple sengaja membuat Macintosh yang biasa agar Macintosh dapat lebih mudah di jalankan oleh orang yang baru belajar komputer sekali pun. Sistem Operasi Macintosh pada awalnya dikenali sebagai Sistem, seperti “Sistem 6.0.7″ atau “Sistem 7″. Pada awalnya juga dikenali sebagai “Toolbox” yang terdapat beberapa kelebihan yang dapat digunakan untuk menggantikan keterpautan kepada toolbox komputer itu sendiri.
Awalnya Apple juga sengaja menembunyikan keberadaan sistem operasi ini untuk membedakan Mac dengan sistem operasi yang lain nya seperti MS-DOS, yang lebih mudah digunakan daripada Macintosh.

3. Linux
 
Sistem operasi Unix dikembangkan dan diimplementasikan pada tahun 1960-an dan pertama kali dirilis pada 1970. Faktor ketersediaannya dan kompatibilitasnya yang tinggi menyebabkannya dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi secara luas oleh institusi-institusi akademis dan pada pebisnis.

Proyek GNU yang mulai pada 1984 memiliki tujuan untuk membuat sebuah sistem operasi yang kompatibel dengan Unix dan lengkap dan secara total terdiri atas perangkat lunak bebas. Tahun 1985, Richard Stallman mendirikan Yayasan Perangkat Lunak Bebas dan mengembangkan Lisensi Publik Umum GNU (GNU General Public License atau GNU GPL). Kebanyakan program yang dibutuhkan oleh sebuah sistem operasi (seperti pustaka, kompiler, penyunting teks, shell Unix dan sistem jendela) diselesaikan pada awal tahun 1990-an, walaupun elemen-elemen tingkat rendah seperti device driver, jurik dan kernel masih belum selesai pada saat itu. Linus Torvalds pernah berkata bahwa jika kernel GNU sudah tersedia pada saat itu (1991), dia tidak akan memutuskan untuk menulis versinya sendiri.


4. Unix
                                                        

UNIX ditulis oleh Ken Thompson setelah proyek MULTICS gagal. Pada awalnya UNIX hanya sebatas sistem operasi riset, bukan sumber komoditas penghasil uang dimata AT&T. Pada satu ketika Ken mengunjungi Berkeley Univ dan memboyong UNIX V6, dari sana kemudian berevolusi menjadi BSD UNIX, Berkeley Univ boleh mengembangkan UNIXnya sendiri dan mendistribusikan, tapi ga boleh menjualnya. Para hacker dari Berkeley Univ maupun AT&T UNIX saling berkontribusi atas pengembangannya masing-masing.

Masalah mulai muncul ketika AT&T lepas dari monopoli dan belenggu UU yg melarang bisnis selain telepon, dan melihat UNIX sebagai komoditas yg berharga. Mereka kemudian mencoba menyetop distribusi UNIX (dan BSD UNIX)

Berkeley Univ mencoba utk tetap mendistribusikan 4.3BSD dan pengembangannya, namun terhalang oleh larangan AT&T. Tidak terima oleh larangan AT&T, kemudian perang dimulai hingga dipengadilan.

Masalah ini baru ketemu titik temu ketika Novell membeli UNIX dan hak pakai nama UNIX dari AT&T, dan mencapai kata sepakat dengan Berkeley Univ perihal bagian apa-apa saja yang harus dibuang dari kode sumber 4.4BSD, sehingga muncul 4.4BSD-Lite.

Masa vakum akibat perang tersebut lar momen Linux berkembang muncul, dan BSD UNIX tenggelam. :)

Proses usaha open source BSD UNIX kemudian dilanjutkan ke 386BSD untuk melengkapi kode sumber yang tadinya hilang dari 4.4BSD-Lite, 386BSD kemudian dilanjutkan ke NetBSD dan FreeBSD hingga saat ini. 


Manajemen Memori 



Memory manager : Salah satu bagian sistem operasi yang mempengaruhi dalam menentukan proses mana yang diletakkan pada antrian.

Jenis Memori
   - Memori Kerja
     • ROM/PROM/EPROM/EEPROM
     • RAM
     • Cache memory
   - Memori Dukung
      Floppy, harddisk, CD, dll.

Alamat Memori
– Alamat memori mutlak (alamat fisik)
– Alamat memori relatif (alamat logika)
– Hubungan antara alamat multak dan alamat relatif
– Jenis memori dan alamat memori 

Isi Memori
– Sistem bahasa penataolahan
– Sistem Utilitas
– Inti Sistem Operasi
– Sistem Operasi
– Pengendali alat (device drivers)
– File pemakai

Fungsi manajemen memori :
• Mengelola informasi yang dipakai dan tidak dipakai.
• Mengalokasikan memori ke proses yang memerlukan.
• Mendealokasikan memori dari proses telah selesai.
• Mengelola swapping atau paging antara memori utama dan disk.
MANAJEMEN MEMORI BERDASARKAN KEBERADAAN SWAPPING ATAU PAGING
1. Manajemen tanpa swapping atau paging
2. Manajemen dengan swapping atau paging

MEMORI TANPA SWAPPING OR PAGING
Yaitu manajemen memori tanpa pemindahan citra proses antara memori utama dan disk selama eksekusi.
Terdiri dari :
Monoprogramming
Ciri-ciri :
• Hanya satu proses pada satu saat
• Hanya satu proses menggunakan semua memori
• Pemakai memuatkan program ke seluruh memori dari disk atau tape
• Program mengambil kendali seluruh mesin
 


Multiprogramming Dengan Pemartisian Statis
Terbagi dua :
1. Pemartisian menjadi partisi-partisi berukuran sama, yaitu ukuran semua partisi memori adalah sama
2. Pemartisian menjadi partisi-partisi berukuran berbeda, yaitu ukuran semua partisi memori adalah berbeda.
Strategi Penempatan Program Ke Partisi
~ Satu Antrian Tunggal Untuk Semua Partisi
Keuntungan : Lebih fleksibel serta implementasi dan operasi lebih minimal karena hanya mengelola satu antrian.
Kelemahan : Proses dapat ditempatkan di partisi yang banyak diboroskan, yaitu proses kecil ditempatkan di partisi sangat besar.
~ Satu Antrian Untuk Tiap Partisi (banyak antrian Untuk Seluruh Partisi)
Keuntungan : Meminimalkan pemborosan memori
Kelemahan : Dapat terjadi antrian panjang di suatu partisi sementara antrian partisi - partisi lain kosong
 


MULTIPROGRAMMING DENGAN SWAPPING
Swapping : pemindahan proses dari memori utama ke disk dan kembali lagi.
1. Multiprogramming dengan Pemartisisan Dinamis
Jumlah , lokasi dan ukuran proses di memori dapat beragam sepanjang waktu secara dinamis.
Kelemahan:
- Dapat terjadi lubang-lubang kecil memori di antara partisi-partisi yang dipakai.
- Merumitkan alokasi dan dealokasi memori
Solusi:
Lubang-lubang kecil di antara blok-blok memori yang digunakan dapat diatasi dengan pemadatan memori yaitu menggabungkan semua lubang kecil menjadi satu lubang besar dengan memindahkan semua proses agar saling berdekatan.
 


2. Pencatatan Pemakaian memori
~ Pencatatan memakai peta bit (Bit Map)
~ Pencatatan memakai linked list
Pencatatan memakai peta bit
- Nilai 0 pada peta bit berarti unit masih bebas
- Nilai satu berarti unit digunakan

 


3. Strategi Alokasi Memori
~First fit algorithm : memory manager men-scan list untuk menemukan hole yg cukup untuk menampung proses yg baru. Proses akan menempati hole pertama yg ditemuinya yg cukup untuk dirinya.
~Next fit algorithm : sama dengan first fit, tetapi pencarian hole dimulai dari hole ditemuinya dari scan sebelumnya.
~Best fit algorithm : dicari hole yang akan menghasilkan sisa paling sedikit setelah dimasuki proses.
~Worst fit algorithm : kebalikan dari best fit.
~Quick fit algorithm : mengelompokkan hole-hole dan membuat listnya sendiri. Misalnya, ada list untuk hole 4K, satu list untuk 8K, dst.

Makna Filosofis Sistem Operasi 

Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut.
Kata "sistem" banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.

Sedangkan kata Operasi mempunyai arti yaitu pelaksanaan rencana yg telah dikembangkan ataupun ada yg mengartikannya sebagai pembedahan.

Sehingga Makna Umum dari Sistem Operasi adalah  sebuah software yang mengontrol


Sistem komputer pada dasarnya terdiri dari empat komponen utama, yaitu perangkat-keras, program aplikasi, sistem-operasi, dan para pengguna. Sistem operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna.
Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam suatu negara, dalam arti membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar. Untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber-daya yang sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumber-daya. Sistem operasi juga sering disebut resource allocator. Satu lagi fungsi penting sistem operasi ialah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.
Tujuan mempelajari sistem operasi agar dapat merancang sendiri serta dapat memodifikasi sistem yang telah ada sesuai dengan kebutuhan kita, agar dapat memilih alternatif sistem operasi, memaksimalkan penggunaan sistem operasi dan agar konsep dan teknik sistem operasi dapat diterapkan pada aplikasi-aplikasi lain.
Sistem operasi mempunyai tiga sasaran utama yaitu kenyamanan -- membuat penggunaan komputer menjadi lebih nyaman, efisien -- penggunaan sumber-daya sistem komputer secara efisien, serta mampu berevolusi -- sistem operasi harus dibangun sehingga memungkinkan dan memudahkan pengembangan, pengujian serta pengajuan sistem-sistem yang baru.
 
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment